ALOYSIUS 4

LINGKUNGAN ALOYSIUS 4 TAMAN HARAPAN BARU

BERBAHAGIALAH ORANG YANG MISKIN DI HADAPAN ALLAH KARENA MEREKALAH EMPUNYA KERAJAAN SORGA

IBADAT SABDA SYUKURAN SELAPANAN

1. Lagu pembukaan : Bahagia manusia 

2. Tanda Salib dan Salam Imam
I : Dalam Nama Bapa ……
U : Amin
I : Semoga Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus menganugerahkan damai dan 
sejahtera kepada kita sekalian.
U : Sekarang dan selama-lamanya.

3. Kata pengantar
 Bapak, Ibu, Saudara dan Saudari yang terkasih dalam Kristus pada malam hari ini melalui lingkungan, kita bersama-sama diundang untuk berkumpul di tempat ini. Bersama dengan keluarga Bapak Wanto Subagyo kita akan mengucapkan syukur dan terima kasih kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, atas berbagai anugrah dan kemurahanNya. Kita semua bersyukur karena beberapa waktu yang lalu telah lahir seorang anak perempuan dari keluarga ini dan diberi nama …………………….( anak kedua ). Keluarga bersyukur pula karena selama dalam menjalani hidup berkeluarga berkat dan kemurahan Tuhan, dirasakan selalu mengalir di dalam keluarga ini. Sebelum mendengarkan sabda Tuhan, marilah kita menyadari kelemahan dan kerapuhan kita dengan mohon belas kasihan Tuhan. 

4. Pernyataan Tobat
Saya mengaku ………….

Semoga Allah yang Mahakuasa dan Maharahim mengasihi kita, mengampuni dosa-dosa kita, dan mengahantar kita ke hidup yang kekal.
Amin.

5. Doa Pembukaan
Ya Allah, Bapa kami yang maha kasih.
Syukur dan terima kasih kami haturkan kepad-Mu, atas perlindungan-Mu yang kudus terhadap anak kami …………yang kami rayakan selapan harinya. Dengan bertambahnya usia, semoga anak kami semakin bertambah besar, bertambah pandai, setia, dan taat kepada orang tuanya, menjadi anak yang tekun berdoa, jujur dan rendah hati. Dengan iman kami yaki bahwa Engkau berkenan terhadap anak-anak yang hatinya masih suci, ceria, namun bersahaja. 
Berkatilah anak kami …………….. Curahkanlah Roh-Mu atas anak ini, jagalah pula kesehatan jiwa raganya, agar senantiasa dapat memenuhi panggilan hidupnya. Demi Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan Pengantara kami 
Amin.

6. Bacaan Kitab Suci

Bacaan pertama (Ef 6 : 1 – 9

Lagu antar bacaan

Tuhan beserta kita 
Sekarang dan selama-lamanya.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Santo Markus .

Demikian Sabda Tuhan.
Syukur kepada Allah.

Homili Singkat
 Bapak, Ibu, Saudara dan Saudari yang terkasih dalam Kristus; dalam tradisi kita peristiwa kelahiran sering diperingati dalam berbagai bentuk. Diantaranya adalah peringatan sepasaran, peringatan selapanan dan peringatan ulang tahun. Peringatan sepasaran itu adalah peringatan yang dilakukan ketika bayi yang lahir berumur 5 hari. Sedangkan selapanan adalah suatu peringatan yang dilakukan ketika anak/bayi yang lahir berumur kurang lebih 35 hari. ( saya gunakan kata kurang lebih karena terkadang pelaksanaannya tidak pas karena berbagai pertimbangan praktis). Sedangkan peringatan ulang tahun, kita semua sudah biasa.
 Apa sebenarnya keistimewaan peringatan selapanan itu sih? Dalam satu minggu ada 7 hari, sedangkan dalam tradisi jawa ada yang namanya hari pasaran ( pon, wage, kliwon, legi, pahing ). Maka pasti setiap orang akan dilahirkan pada hari tertentu dan pasaran tertentu. Misalnya Rabu wage. Secara matematis setiap 35 hari akan terjadi pengulangan. ......... Hari lahir dan pasaranya itu lalu disebut weton.
Menurut mistik Jawa weton seseorang itu menentukan/mempengaruhi watak /karakter dan nasib seseorang. 
 Terlepas dari itu semua bagi orang beriman, peristiwa peringatan selapanan, sepasaran, ataupun ulang tahun hendaknya lebih dilihat sebagai momen rasa syukur atas penyelenggaraan Allah. Bahwa Allah masih memberikan kesempatan kepada kita untuk selalu memperbaiki dan menyempurnakan hidup.



7. Doa Umat
Bagi kita semua yang berkumpul disini.
Semoga rahmat Tuhan meneguhkan iman kita sehingga kita yang berkumpul di sini tidak menghamba pada hukum dan adat istiadat, melainkan menjadikan semua itu sebagai sarana pengabdian kepada Tuhan Allah kita. Marilah kita mohon......

Marilah kita satukan doa dan dan ungkapan syukur kita dengan doa yang telah diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri : Bapa Kami …..
8. Doa Penutup :
Ya Allah, Bapa kami yang maha kasih. Semoga peristiwa selapanan ini selalu mengingatkan kami untuk semakin menyadari arti hidup ini dan setiap kali berusaha menghayatinya dengan lebih baik dari hari sebelumnya. Kami percaya, walaupun banyak rintangan yang menghadang, Engkau tidak akan merelakan hamba-Mu ini jatuh ke dalam lembah nista. Oleh karena itu, berkatilah kami, terutama anak kami ……… agar tetap tegar dalam membela kebenaran sebagai saksi Putramu, Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. 

9. Berkat dan Pengutusan
Bapak, Ibu, Saudara, Saudari yang terkasih, sebelum kita akhiri ibadat kita malam ini, marilah kita mohon berkat Tuhan.
Tuhan Beserta kita
Sekarang dan selamanya.
Semoga kita semua yang hadir disini dibimbing dan dilindungi oleh berkat Alah Yang Maha Kuasa: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Amin. 
Dengan demikian ibadat kita malam hari ini sudah selesai.
Syukur kepada Allah.

10. Lagu PenutuP

0 comments: