ALOYSIUS 4

LINGKUNGAN ALOYSIUS 4 TAMAN HARAPAN BARU

BERBAHAGIALAH ORANG YANG MISKIN DI HADAPAN ALLAH KARENA MEREKALAH EMPUNYA KERAJAAN SORGA

IBADAT ARWAH

LAGU PEMBUKAAN
Puji Sukur No : 710

SALAM PEMBUKAAN
IUIU Atas nama Bapa Putera dan Roh KudusAminSemoga damai sejahtera Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah Bapa dan persekutuan Roh Kudus, selalu beserta kita.Sekarang dan selama-lamanya

PENGANTAR
Bapak Ibu Saudara Saudari Anak-anak yang terkasih dalam Kristus, saya masih ingat pada hari Senin 40 hari yang lalu keluarga Bapak Tejo Pramono mengalami duka yang mendalam. Kalau ditanya mengapa berduka? Jawabanya adalah karena pada waktu itu ibu dari Mbak Titik atau ibu mertua dari Pak Tejo telah dipanggil Tuhan. Mungkin kita bisa ikut merasakan perasaan / suasana hati dari keluaraga yang ditinggalkan pada waktu itu. Sebagai ungkapan cinta keluarga ini terhadap almarhumah Ibu Sumiyati Sarmo Suhardjo kita semua diundang untuk bersama-sama mendukung dengan doa-doa supaya arwah dari Ibu Sumiyati segera dapat ikut bangkit mulia bersama Kristus di dalam kerajaan surga.
Hening sejenak……
  
PERNYATAAN TOBAT
IIUIUIUIU Saudara-saudari yang seiman dalam Kristus, marilah kita membuat diri pantas berada di depan hadirat Allah, dengan membersihkan diri kita dari dosa dan kesalahan yang lalu, dengan bertobat dan mohon ampun kepada Allah kita.Tuhan kasihanilah kamiTuhan kasihanilah kamiKristus kasihanilah kamiKristus kasihanilah kamiTuhan kasihanilah kamiTuhan kasihanilah kamiSemoga Allah yang maha kuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita dan menghantar kita pada hidup kekal.Amin.
 
BACAAN 
Marilah kita dengarkan bacaan dari Kitab Suci
Injil Yohanes 6 : 37-47
Demikianlah sabda Tuhan 
Terpujilah Kristus

HOMILI

Bapak Ibu Sdr/Sdri yang baik sosok ibu adalah seseorang yang bagi kebanyakan orang sebagai orang yang paling dekat dengan kita. Bagaimana tidak coba kalau kita amati bayi, kata ibu/mama itu adalah kata pertama yang dapat diucapkan oleh seorang bayi, seperti anak saya……. baru setelah beberapa Minggu yang mulai menyebut nama Bapak. Sesudah agak besar sekita 5 tahun kalau sedang asik bermain lari-lari tiba-tiba jatuh dan menangis maka kata kata Ibu / Mama lah yang disebut. Bagi kita yang sudah cukup umur kalau mengalami kesulitan / mengalami musibah kita acap kali juga menyebut nama ibu. Dari semua contoh tersebut saya mau mengatakan betapa berartinya, betapa dekatnya kita dengan seorang ibu.

Saudara kita keluarga ini belum lama juga ditinggal orang yang sangat dekat juga yang sangat dicintai dan mestinya peristiwa itu belum sepenuhnya dapat dilupakan begitu saja. Ibu Sumiyati sewaktu hidupnya telah mengikuti Kristus dan menjadi muridnya yang setia. Ini telah dibuktikanya dalam kesetiaanya memanggul salib kehidupanya dan mempertahankan Imannya sampai Kristus memanggilnya kembali. Dalam bacaan tadi Tuhan berfirman “ Aku berkata kepadamu: Barang siapa percaya kepada-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal. Kiranya Almarhumah Ibu Sumiyati diberikan kehidupan yang kekal karena ia juga mengimani Kristus semasa hidupnya.

Bapak Ibu Saudara Saudari yang terkasih dibagian yang lain injil malam ini juga menyebutkan sebagai berikut “ Dan inilah kehendak Bapa, Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Aku membangkitkanya pada akhir jaman. Kemudian kalau kita lihat hidup dari Ibu Sumiyati telah meyerahkan tidak hanya dirinya sendiri, tetapi juga seluruh keluarganya dan putra putrinya menjadi orang Katolik yang mengandalkan Yesus Kristus sebagai satu-satunya penyelamat. Tentunya Ibu Sumiyati juga akan dibangkitkan kembali bersama Kristus.

Bapak Ibu Sdr sekalian berdasarkan iman kepercayaan kita , sekarang menjadi jelas bahwa kepergian Ibu Sumiyati bukanlah kefanaan, bukan pula suatu kebinasaan melainkan suatu awal untuk bersatu dengan Kristus, bangkit dan mulia di dalam kerajaan-Nya. Amin
Marilah kita lanjutkan dengan doa umat

DOA UMAT
I P U P U P U P U P U I U Allah Bapa kami yang maha kasih dan penyayang, kami menghadap hadiratmu untuk menyampaikan ungkapan hati dan permohonan kami. Kami percaya Engkau akan selalu berkenan menyertai kami, mendengarkan kami dan memberikan yang terbaik bagi kami. Kami memuji dan memuliakan nama-Mu melalui doa-doa ini:Ya Tuhan Yesus Kristus penyelamat dunia kami mempercayakan kepadamu arwah Ibu Sumiyati Sarmo Suharjo, berkenanlah engkau menerimanya dalam sukacita kerajaan-MuKami mohonKabulkanlah doa kami ya TuhanYa Allah, kami mohon kemurahaanmu bagi Ibu kami Ibu Sumiyati Sarmo Suharjo , janganlah kau ingat-ingat lagi dosa-dosanya, tetapi limpahkanlah kerahiman-Mu kepadanya. Semoga Ia disambut dan dipersatukan bersama para malaikat dan orang kudus di Sroga.Kami mohonKabulkanlah doa kami ya TuhanBagi keluarga yang ditinggalkan, teristimewa keluarga Bapak Tejo Pramono, ya Bapa tolonglah mereka semua supaya saling mendukung , saling memberi kekuatan dan penghiburan. Semoga kenangan akan masa hidup Ibu Sumiyati Sarmo Suharjo akan tersimpan dalam hati mereka, dan meneguhhkan kepercayaan mereka akan bimbingan-Mu Kami mohonKabulkanlah Doa kami ya Tuhan Ya Bapa Keluarga Bapak Tejo Pramono telah menyerahkan seluruh hidupnya kedalam penyelenggaraan-Mu, maka sudilah mendampingi mereka supaya sanggup menghadapi liku-liku hidup ini , lebih-lebih saat ini dikala keluarga ini ditinggalkan oleh ibu yang mereka cintai.Kami mohonKabulkanlah doa kami ya TuhanBagi kita semua yang berhimpun disini beserta keluarganya, ya Bapa jadikanlah kami alat-Mu dalam menciptakan kerukunan dan penghiburan dan pembawa damai. Jauhkanlah kami semua dari kemalangan.Kami mohonKabulkanlah doa kami ya Tuhan Demikianlah ya Bapa, doa-doa yang kami panjatkan. Engkau mengetahui keinginan keinginan dan kesulitan kami. Kami percaya akan penyelenggaraan-Mu dan bersama Roh Kudus, kami senantiasa belajar utuk memahami apa yang sebenarnya engkau kehendaki atas diri kami . Kami menyampaikan doa-doa kami ini dengan perantaraan Putera-Mu terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus, yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang masa.Amin


DOA BAPA KAMI
Marilah kita satukan doa-doa permohonan kita dengan doa yang diajarkan Yesus sendiri 
Bapa kami yang ada di surga …….( didoakan bersama sama )

ROSARIO
Bapak Ibu Saudara Saudari, Ibu Maria telah memberikan teladan bagi kita. Ia telah setia mendampingi Puteranya Tuhan Yesus Kristus sampai wafatnya di kayu salip. Marilah kita mohon lewat perantaraan Bunda maria supaya mendampingi arwah Ibu Sumiyati Sarmo Suhardjo dalam mengahapap Bapa dengan doa Rosario.
Aku percaya
Bapa kami…….
Kemuliaan kepada Bapa ……
Terpujulah ……
Salam Putri Allah Bapa. Salam Maria……
Salam Bunda Allah Putera. Salam Maria….
Salam Mempelai Allah Roh Kudus. Salam Maria …..  
Kemuliaan…
Terpujilah…
Ya Bapa terimah arwah Ibu Sumiyati Sarmo Suhardjo dalam kemuliaan kerajaan-Mu.

DOA PENUTUP
Dari Puji Sukur No 169 (didoakan bersama sama)

BERKAT
IUIUIU Tuhan beserta kitaSekarang dan selama-lamanyaSemoga kita semua, keluarga kita dan karya kita selalu di bimbing dan diberkati oleh Bapa dan Putera dan Roh Kudus.AminSaudara sekalian ibadat kita sudah selesai marilah kita mundur dalam damai TuhanSyukur kepada Allah. 

LAGU PENUTUP
Puji Sukur No : 712

0 comments: